Tampil di World Coffee Championship, Mikael Jasin Didukung Petani Kopi Flores

20 May 2022

WORLD Coffee Championship kembali digelar pada 23-26 Oktober 2021. Indonesia ikut berlaga dalam kejuaraan kopi tingkat dunia yang digelar di Milan, Italia, itu. Dalam ajang kopi yang digelar Sabtu (23/10), Mikael Jasin unjuk gigi untuk kategori World Barista Championship.

 

Ini merupakan kali kedua ia tampil di World Coffee Championship. Sebelumnya, tepatnya dua tahun lalu, Mikael Jasin mewakili Indonesia dalam ajang World Coffee Championship 2019 yang diselenggarakan di Boston. "Sesungguhnya tekanan sekali ya, karena orang berekspektasi kali ini jauh lebih baik 

 

Ini merupakan kali kedua ia tampil di World Coffee Championship. Sebelumnya, tepatnya dua tahun lalu, Mikael Jasin mewakili Indonesia dalam ajang World Coffee Championship 2019 yang diselenggarakan di Boston. "Sesungguhnya tekanan sekali ya, karena orang berekspektasi kali ini jauh lebih baik daripada dua tahun lalu," ujarnya saat ditanya pembawa acara.

 

Sembari meracik kopi untuk dewan juri, Miki, demikian ia disapa, menjelaskan profil kopi Flores yang akan ia sajikan untuk juri. "Kopi ini dibudidayakan di Manggarai, NTT. Apabila diselisik lebih jauh, Anda bisa menemukan rasa nanas di dalamnya," urainya, tenang dan lancar.

 

mikael jasin

 

Dalam presentasinya tersebut, ia juga banyak mengangkat tentang petani kopi di Flores. Meskipun Mikael sempat mengaku nervous, tidak tampak gurat gugup pada ekspresi dan suaranya. Miki terlihat begitu rileks. Ia mampu membawakan racikan kopinya dengan sangat lancar. Tanpa cela. Miki bahkan berhasil melewati sesi presentasi tepat waktu. Durasi 15 menit yang diberikan juri berhasil ia manfaatkan dengan sangat baik.

 

mikael jasin

Menyiapkan dan menjelaskan kopi kepada juri di World Coffee Championship. (foto: istimewa)

 

Kompetisi World Coffee Championship tidak sekadar pertandingan tentang kopi. Lebih daripada itu, ada ribuan petani kopi yang menggantungkan nasib mereka di sana. Di balik kelancaran presentasi yang dibawakan Miki, ada 700 petani kopi yang mendukungnya. Para petani kopi itu bahkan rela datang jauh-jauh dari Flores untuk nonton bareng. Tidak hanya menyimak jalannya perlombaan, sebagian terlihat merapalkan doa demi kelancaran presentasi Miki.

 

Mikael jasin

Tampil apik tanpa cela. (foto: istimewa)

 

Mereka berharap keberhasilan Miki di World Coffee Championship akan memberi dampak baik bagi mereka, yakni kopi Flores dapat dikenal dunia.(Avia)

Related News