Jacoweek 2021 Ditutup dengan Final Jagobrew dan Raffle Livin & Livinpoin

21 May 2022

JAKARTA Coffee Week (Jacoweek) 2021 memasuki hari terakhir pada Minggu (28/11) malam. Kendati demikian, hal tersebut tidak menyurutkan semangat orang-orang untuk menyambangi tempat penyelenggaraan acara yang digelar di Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta Utara itu. Terpantau hingga malam penutupan Jacoweek 2021 pengunjung masih antusias.

 

Kopi tentu saja menjadi primadona. Apalagi sejumlah tenant menawarkan kopi gratis dari biji kopi terbaik di seluruh Indonesia. Namun, ada hal lain yang tidak kalah menarik dari penyelenggaraan Jacoweek 2021. Di hari penutupan Jacoweek 2021 diramaikan dengan babak final kompetisi menyeduh kopi Jagobrew. Tiga orang barista memperebutkan tempat pertama. Mereka adalah Baim Muhammadd, Putri Novita, dan Mayda Refiyanti.

 

Sebelum berlaga pukul 17.30 ketiga finalis mempersiapkan berbagai keperluan. Mereka meletakkan cangkir, teko, dan biji kopi di atas meja. Tampak gurat gugup di wajah mereka. Walaupun tidak bisa menutupi kegugupan, mereka tetap berusaha mempersiapkan semua sebaik mungkin. Sembari ketiga finalis bersiap-siap, Head of Judges, Hiro Lesmana coba mengungkapkan harapannya kepada ketiga finalis.

 

"Jangan sampai ada negativity yang tersisa," lanjutnya. Negativity atau aroma negatif adalah adanya kecacatan dalam proses peracikan. Hal tersebut menyebabkan kualitas kopi menurun.

 

Juara 1 Jagobrew. (Foto: merahputih.com/Iftinavia Pradinantia)

 

Setelah Hiro menyampaikan harapannya atas cita rasa kopi racikan para barista, mereka mulai beraksi. Ketiganya mampu menyelesaikan racikan kopi dalam kurun waktu delapan menit. Mereka sudah sangat menguasai seluruh proses penyeduhan meski latihan dalam waktu singkat.

 

"Latihan cuma 10 hari, karena waktu itu di kasih biji kopinya tepat 10 hari sebelum lomba," ungkap finalis asal Makassar, Baim. Mereka pun coba memaksimalkan waktu yang ada. Mereka juga terus berlatih selama 10 hari menggunakan biji kopi dari pihak penyelenggara hingga akhirnya bisa melenggang ke babak final.

 

"Harapannya kopi seduhan para peserta balance. Mulai dari acidity (tingkat keasaman), bitterness (pahit), sweetness (manis), body semuanya harus balance," urai Hiro.

 

Para finalis harus menunggu selama satu jam untuk mengetahui siapa dari ketiganya yang menjadi juara. Detik demi detik begitu mereka nantikan dengan tidak sabar.

 

Waktu yang ditunggu pun tiba. Sebelum mengetahui siapa yang menjadi pemenang Jagobrew, panitia terlebih dahulu mengumumkan pemenang undian Raffle Livin & Livinpoin Jacoweek 2021. Undian tersebut diberikan kepada para pengunjung yang mengisi data diri untuk kupon Livin & Livinpoin.

Total ada lima hadiah utama menanti para pengunjung beruntung dalam Raffle Livin & Livinpoin Jacoweek 2021. Hadiah tersebut antara lain Espresso Machine Smeg, Grinder Machine Smeg, Drip Machine Smeg dan beasiswa sekolah kopi dari ABCD School.

Pengunjung yang beruntung tersebut antara lain Henny Wirawan (Beasiswa ABCD School), Felicia Parmenas (Beasiswa ABCD School), Marshali (Espresso Machine Smeg), Susanto Gunawan (Grinder Machine Smeg), dan Weldan Wiliam Daniel (Coffee drip Machine Smeg).

Setelah pengumuman undian Raffle Livin & Livinpoin Jacoweek 2021, tibalah pengumuman pemenang Jagobrew. Jagoan 3 Jagobrew 2021 adalah Putri Novita, Jagoan 2 Jagobrew 2021 Mayda Refiyanti dan Baim Muhammadd keluar sebagai juara pertama.

 

Salah satu pengunjung yang beruntung memenangi raffle. (Foto: merahputih.com/Iftinavia Pradinantia)

 

"Jujur awal itu enggak nyangka. Di satu sisi enggak expect menang tapi di sisi lain ada beban tersendiri. Enggak enak juga sama bos karena sudah dikirim jauh-jauh dari Makasar. Masa iya ke sini cuma untuk jalan-jalan?," cetus pria yang berada di bawah bendera Kopiteori tersebut.

 

Baim pun membagikan rahasianya bisa keluar sebagai juara. "Kuncinya optimis aja dan terus latihan," ungkap pria kelahiran 22 Agustus 1994 tersebut.

 

"Dari awal dikasih slot kopi terus latihan. Sampai Jakarta pun kami masih latihan di hotel," lanjutnya.

 

Tips berikutnya menurut Baim adalah dengan berdiskusi dan meminta masukan dari banyak orang. "Jangan kasih coba ke satu orang aja. Kalo dicoba banyak orang jadi sharing. Kalo versi si A kurangnya apa, kalo menurut si B kurangnya apa."

 

Keluar sebagai pemenang, Baim berhak membawa pulang piala, uang tunai dan Grinder Machine Nordic Pmx- 60. (avia)

Related News