Ini yang Jadi Penilaian Kompetisi JagoBrew 2021

20 May 2022

TERCATAT sebanyak 81 peserta ikut berpartisipasi pada kompetisi JagoBrew, lomba manual brewing yang diselenggarakan di Jacoweek 2021 di Mall Of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

 

Babak penyisihan JagoBrew 1st Round dibagi menjadi dua, yakni match 1-14 yang diselenggarakan Jumat (26/11), dan match 15-27 pada Sabtu (27/11).

 

Setiap pertandingan pada 1st Round akan mengadu tiga peserta, dan satu orang yang lolos akan menuju ke babak Quarter Final. Babak final akan berlangsung pada Minggu (28/11) atau pada penutupan pameran kopi ini. Tiap match, satu orang yang lolos akan langsung diumumkan agar bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti babak selanjutnya yaitu Quarter Final.

 

 

JagoBrew 2021 1st Round. (Foto MP/Shenna)

JagoBrew 2021 1st Round. (Foto MP/Shenna)

 

JagoBrew 1st Round dinilai oleh enam juri yang dibagi dua, sehingga tiap pertandingan akan diuji oleh tiga juri. Beberapa juri di antaranya adalah Trian, Mikael Teguh Jaya, dan Ramanda Audia Adam dari Kozi Coffee Roaster.

 

"Penilaiannya adalah kopi yang paling enak sih. Jadi tadi kita sudah kalibrasi dulu sama juri di awal, kita tahu si karakter beans ini seperti itu. Nah, yang kita cari adalah hasil seduhan yang paling mendekati atau yang lebih dari situ," jelas Ramanda kepada MerahPutih.com.

 

Tiap Match akan meloloskan satu peserta. (Foto MP/Shenna)

Tiap Match akan meloloskan satu peserta. (Foto MP/Shenna)

 

Karena dalam satu match harus ada yang lolos, Rama mengatakan bahwa terkadang ketiga peserta belum mendekati hasil seduhan yang sesuai dengan karakter biji kopi. Tetapi para juri berunding untuk mencari yang terbaik karena harus meloloskan satu peserta tiap match.

 

 

Pertama kali diselenggarakan secara offline selama pandemi COVID-19, Rama mengaku Jacoweek 2021 sukses dan ramai pengunjung. "Ini adalah tempat yang paling pas banget untuk apresiasi kopi, baik yang sudah lama maupun yang baru mulai kenal kopi," ungkap Rama.

 

Ia mengatakan Jacoweek 2021 menjadi tempat yang tepat untuk berkenalan dan belajar tentang roastery, mengetahui karakteristik dan dasar-dasar rasa kopi, dan ajang para pencinta kopi lainnya untuk membuktikan kemampuan mereka.

 

"Kelihatan banget antusiasmenya. Seru banget sampai ngantre-ngantre orang untuk datang ke sini. Seru banget orang bisa lagi kumpul-kumpul," tutupnya.

 

 

Antrean masuk para pengunjung Jacoweek 2021. (Foto MP/Shenna)

Antrean masuk para pengunjung Jacoweek 2021. (Foto MP/Shenna)

 

Jacoweek 2021 menghadirkan 85 tenant yang meliputi produk kopi, teh, cokelat, hingga dessert. Acara ini disponsori oleh Bank Mandiri, UbruKopi, dan Tropicana Slim. (shn)

"Kadang kita dapat yang tiga-tiganya di bawah itu, tetapi tetap kita ambil yang paling enak," tambahnya.

Related News